Siapkan 10 Hal Ini Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 12 Juli 2024, 10:48:39

Bagi Anda yang baru pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pasti bingung apa saja hal yang wajib Anda lakukan sebelum umrah. Mulai dari kelengkapan dokumen, pendaftaran, barang yang harus dibawa, dan lain sebagainya. Hal ini penting, karena jika ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai visualisasi apa yang harus Anda siapkan sebelum umrah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini dari awal hingga akhir.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus dipahami adalah umrah sama halnya dengan haji, yaitu rukun-rukunnya memerlukan kebugaran jasmani yang prima. Oleh karena itu, jamaah umrah yang hendak berangkat umrah setidaknya wajib ada persiapan sebulan sebelumnya agar dapat menyiapkan jasmani yang kuat agar ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bernutrisi, serta mengkonsumsi suplemen seperti madu, vitamin, dan lainnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti jogging, workout ringan, atau olahraga lainnya. Dengan bekal tubuh yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Persiapan Rohani

Selain jasmani yang kuat, Anda juga harus mempersiapkan rohani Anda agar bisa benar-benar tenang dalam melakukan ibadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus beribadah karena Allah SWT, juga keikhlasan dari hati. Karena bagi seorang muslim yang menjalankan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk beberapa waktu. Selain hal tersebut, Anda juga harus menghabiskan sejumlah biaya yang wajib dibayarkan lewat jasa travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Kelengkapan data yang wajib dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, catatan vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima booking hotel, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang wajiib dicermati. Sebaiknya, Anda membawa maksimal tiga tas dan koper guna memuat barang yang Anda bawa. sebuah koper besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas kecil. Masing-masing dapat diisi dengan barang sesuai keperluan. Misal untuk baju masuk koper, tas jinjing untuk memuat peralatan mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa kartu identitas, tisu, pelembab, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Langkah ini terkadang terlupakan, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang terbilang penting untuk diperhatikan. Sama halnya saat kita akan melaksanakan suatu ibadah, kita harus mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urut-urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda dapat mencari referensinya yaitu dengan membaca buku umrah, berselancar di internet tentang umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang sudah melaksanakan umrah.

Menentukan Pilihan Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, pilihlah biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara membaca ulasan jamaah yang telah diberangkatkan, juga membaca profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah menggunakan software khusus aplikasi untuk umrah sehingga informasi layanan mereka bisa Anda pantau melalui internet, misalnya dengan mengakses web, mendapat notifikasi email dan pesan singkat untuk progres pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda mempunyai riwayat kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan memerlukan mengkonsumsi obat-obatan khusus, Anda perlu menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat pelaksanaan umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak gosok, juga dapat Anda bawa secukupnya.

Membawa Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang khusus wanita banyak jenisnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, peniti, dalaman hijab, kaos kaki, pakaian dalam, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga baju cadangan ihram yang nyaman. 

Merencanakan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula titipan doa dari saudara dan juga rekan. Agar tidak lupa, siapkan kertas khusus doa, agar Anda ingat dan tidak terlewat saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang yang harus dibawa, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang wajib Anda siapkan sebelum melaksanakan umrah. Bicarakan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang perlu dan tidak perlu dipersiapkan. Semoga bermanfaat!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id